Total Tayangan Halaman

Selasa, 18 Oktober 2011

PERSIAPAN KANDANG PENANGKARAN

Untuk kandang penangkaran pada umumnya menggunakan kandang permanen yang dibangun memakai batu bata dan berukuran besar panjang 2 m, lebar 1 mdan tinggi 2 m, tapi itu semua relatif tergantung dari teman-teman sendiri. Kalo boleh saya usulkan untuk para pemula seperti saya lebih baik menggunakan kandang yang agak besar, karena kita belum tahu detail karakter burung murai ini seperti apa. Tapi paling tidak kalau kandangnya besar tentunya si burung juga akan nyaman.

1. Mempersiapkan Kotak Sarang

Kotak Sarang Murai Batu biasanya saya menggunakan dari bahan kayu dan diletakkan di pojok dan terhindar dari predator seperti (tikus, kucing dll ) dan gangguan semut. seperti gambar di bawah ini :
2. Perlengkapan Kandang Penangkaran
Beberapa perlengkapan perlu disediakan di dalam kandang penangkaran. Satu nampan plastik sebagai wadah pakan (kroto). Nampan plastik untuk wadah cangkang telur sebagai sumber kalsium, agarmurai batu menghasilkan telur yang bagus. Mangkuk kaca untuk mandi. Wadah pakan berisi pur dan air minum di dalam kandang penangkaran. wadah pakan jangkrik, cacing dan ulat hongkong. Khusus untuk wadah pakan kroto kalau bisa terhindar dari semut, ato biasanya di bawahnya di beri air agar semut tidak bisa lewat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar